Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu (FKM Unismuh) melaksanakan kuliah umum di Aula. Dengan mengusung tema “Penguatan Good Governance dalam Implementasi Healthy Cities di Indonesia” pada hari Ahad, 11 September 2022 pukul 08.00 WITA.

Dalam kegiatan ini, FKM Unismuh Palu menghadirkan Prof. Sukri Palutturi, SKM., M.Kes., M.Sc.Ph, Ph.D seorang guru besar di Universitas Hasanuddin sekaligus Dekan di FKM Unhas sebagai narasumber dan dibuka oleh Sudirman, SKM., M.Kes, Wakil Rektor I Unismuh Palu.

Kegiatan kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tahun 2022, termasuk juga unsur pimpinan Fakultas yaitu Dekan (Nur Afni, SKM., M.Kes) Wakil-wakil dekan (Budiman, S.Pd., M.Kes, Finta Amalinda, S.Si., M.Sc, Mohamad Andri, SKM., M.Kes) serta dosen dan staff.

Dalam kuliah umum ini di jelaskan bahwa kota yang sehat adalah kota yang menempatkan kesehatan, kesejahteraan sosial, pemerataan, dan pembangunan berkelanjutan sebagai pusat kebijakan, strategi, dan program lokal berdasarkan nilai-nilai inti hak atas kesehatan dan kesejahteraan, perdamaian, keadilan sosial, kesetaraan gender, solidaritas, inklusi sosial dan pembangunan berkelanjutan dan dipandu oleh prinsip-prinsip kesehatan untuk semua, cakupan kesehatan universal, tata kelola kesehatan lintas sektoral, kebijakan kesehatan dalam semua, partisipasi masyarakat, kohesi sosial dan inovasi serta unsur-unsur penting yang menjadi pilar dari Healthy Cities yaitu kota bersih, kota aman, kota nyaman, kota sehat.

Selanjutnya disampaikan juga bahwa tantangan dalam terwujudnya Healthy Cities yaitu merubah mindset kabupaten/kota sehat, pemerintah dan masyarakat, terlalu terfokus pada penilaian, wacana healthy cities dijadikan alat politik, antangan pandemi covid-19 serta re-focusing anggaran karena covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *